Jumat, 05 Mei 2017

Cara Membuat Daftar Pustaka Menggunakan Mendeley


Membuat Daftar Pustaka dengan Mendeley
Anda tidak perlu mengetik ulang secara manual untuk membuat daftar pustaka. klik menu references kemudian klik insert bibliography (pada grouping Mendeley Cite-O-Matic) maka akan muncul daftar pustaka otomatis telah tersusun secara abjad untuk nama pengarang dan menjorog ke kanan untuk referensi yang melebihi satu baris.
Penggunaan mendeley untuk membuat bodynote dan daftar pustaka akan mengefektifkan waktu Anda dalam menyusun karya ilmiah, dan yang terpenting adalah mendeley membantu Anda dari salah satu unsur plagiat. Dengan kata lain, jumlah kutipan bodynote akan selalu sama dengan jumlah daftar isi sehingga Anda tidak perlu mengecek satu-persatu dari seluruh referensi yang ada. Hanya dengan mengklik refresh pada menu references maka daftar pustaka Anda akan diperbaharui otomatis apabila terjadi penambahan atau penghapusan kutipan pada isi karya ilmiah Anda.
Untuk membuat daftar pustaka yang terintegrasi dengan Mendeley sangatlah mudah. Anda cukup mengklik satu icon “Insert Bibliography”, maka daftar pustaka akan tampil secara otomatis dan sudah terurut secara abjad pengarang.
Ada yang perlu diingat penting dalam membuat daftar pustaka ini, apabila Anda telah menghapus kutipan dari isi karya ilmiah Anda maka seharusnya daftar pustaka dari kutipan yang dihapus-pun harus dihapus. Jika terjadi demikian Anda tidak perlu menuju halaman daftar pustka, cukuplah arahkan kursor ke menu references kemudian klik “Refresh” (lihat gambar). Dengan plugin Mendeley yang berada pada menu reference micrososft Anda membuat pekerjaan pembuatan karya ilmiah Anda terhindari dari plagiat dan masalah pembuatan kutipan-daftar pustaka lainnya.
Dengan adanya dua fungsi menarik dalam mendeley ini , yaitu insert bibliography dan refresh, akan mengurangi kejenuhan Anda dalam menulis jenis kutipan dan daftar pustaka. Membuat karya ilmiah akan menjadi praktis dan efisien ketika Anda memasukan daftar referensi ke dalam mendeley dekstop Anda. Untuk menambah daftar referensi mendeley bisa dilihat pada bab sebelumnya.

1 komentar:

  1. setelah klik refresh, kenapa insert citation tidak dapat digunakan lagi ya? bagaimana cara mengembalikan fungsi insert citation?

    BalasHapus